Bayam Merah (Iresine herbstii Hook)

Mengobati: haemoglobin yang rendah (hb rendah), sering mengalami pendarahan, tekanan darah rendah (hipotensi)






Herba tegak ini tingginya 80-120 cm. Daunnya berbentuk jantung terbalik yang disetiap ruasnya terdapat 2 daun berhadapan (ada yang berwarna merah dengan urat daun kekuningan dan ada pula yang bberwarna hijau berurat kemerahan).
lebar daun 5-7 x 3-4 cm dan bertangkai. bunganya kecil-kecil, bermahkota seperti selaput, membentuk mayang diketiak daun dan puncak batang. buahnya bulat panjang, kecil dan berbiji satu.
Karena daunnya yang berkeriput, bila ditanam secara berumpun akan kelihatan indah (tanaman ini harus selalu dipangkas agar tidak berbunga).

Khasiatnya:
Mengobati kadar haemoglobin yang rendah (Hb rendah) dan yang sering mengalami pendarahan. Ambil 11 buah ujung bayam merah, kukus menjadi sayur dan dimakan setiap hari selama seminggu (periksa kembali, bila Hb-nya naik, berarti darah kekurangan zat besi). Pengobatan bisa diteruskan sampai kadar Hb normal kembali.
Obat tekanan darah rendah (Hipotensi). Ambil 7 ujung bayam merah, 7 ujung bayam duri, rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 1 gelas. minum setiap hari sampai tekanan darah normal kembali.

Komposisi:
bayam merah mengandung ferulytyramine dan ferrum (zat besi).     

0 Response to "Bayam Merah (Iresine herbstii Hook)"