Cabe Rawit (Capsicum frutescens, L.)

Mengobati: Sakit Mulas, Sakit sariawan


Termasuk semak yang tingginya bisa mencapai 1,5 meter. Batangnya berkayu, bebuku-buku dan bercabang banyak. Daunnya tunggal, bentuknya bulat telur dengan panjang daun kurang lebih 10cm dan lebar 5cm.
Tepi daun rata, tidak berbulu, ujungnya runcing dan pangkalnya tumpul. bunganya tunggal, 2-3 buah letaknya berdekatan warnanya putih kekuningan. Mahkota bunga berbentuk bintangyang berwarna putih kehijauan (ada juga warna ungu). Kelopak bunganya berbuku dan tidak berbulu.
Buahnya buni, berbentuk bulat telur dan memanjang. tumbuh liar di hutan dan di ladang-ladang yang tanahnya tidak tandus tetapi cukup mendapat sinar matahari. Banyak juga yang ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman dapur (bumbu masak).

Khasiatnya:
daunnya bisa untuk obat mulas. Ambil segenggam daun cabe rawit, bersihkan dan siram dengan air panas. setelah dingin lalu dimakan. Atau bisa juga dengan menumbuk halus daun tersebut dengan menambahkan garam dan kapur sirih sedikit, kemudian gunakan sebagai tapal.
Buahnya bisa untuk obat sariawan. Ambil 2 cabe rawit, buang bijinya dan tumbuk halus. Kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Komposisi:
Mengandung kapzaisin, kapsanin, protein, lemak, vitamin A dan C

0 Response to "Cabe Rawit (Capsicum frutescens, L.)"