Saga/Sogok Telik (Abrus precatorius L.)

Mengobati: Sariawan dan amandel, sebagai obat tetes mata (trachroom)






Jenisnya setengah perdu yang membelit dengan tinggi 2-5 meter. Daunnya berseling, anak daun 8-17 pasang yang panjangnya mencapai 2cm. Bunganya berbentuk kupu kecil dalam tandan, berwarna ungu muda kemudian kemerah-merahan. buahnya polong tebal, panjang sampai 5 cm. Bijinya yang tua berwarna merah lak dengan noda hitam disekitar pusat biji yang putih. Paduan warna biji ini mengingatkan kita pada pakaian anak yatim piatu pada jaman belanda. Kebanyakan tumbuhan ini hidup di daerah yang kering dengan ketinggian 1-250 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini sangat baik untuk peneduh teras yang terik dengan jala rambatan yang baik.

Khasiatnya:
sebagai obat sariawan dan amandel. Ambil 50 tangkai daun (5 gram), rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin diminum. lakukan setiap pagi dan sore selama 5 hari berturut-turut.

Komposisi:
Mengandung plavonoid (6,4-dimethoxy-7,3 dihydroxyplavon), abrectorin, desmethoxy-rentaurenidin 7-0 rutinoside, abrin, abric acid, polygalacturomic, pentosan dan glisirrihizin.  


0 Response to "Saga/Sogok Telik (Abrus precatorius L.)"