Miana/Jawer Kotok (Coleus blumei hybrida)

Mengobati: Bisul, rasa mules, radang anak telinga, penyakit cacing tambang






Banyak di temukan di daerah tepian air. Hidup hingga mencapai 1400m di atas permukaan laut. bunganya berwarna merah atau putih. Daunnya bertepi ringgit dengan tangkai daun 2-9cm. Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan membelah tanaman, stek atau menyebar biji.

Khasiatnya:
Mengobati bisul. Ambil daun jawer kotok sebanyak 8 lembar, cuci dan giling sampai halus. Tambahkan air bersih secukupnya, setelah itu urapkan di atas bisul dan bungkus dengan perban bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari sebanyak yang diperlukan.
Mengobati keputihan. Ambil seperempat genggam daun, cuci kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal seperempat bagian, setelah dingin minum sebanyak 3 kali sehari (setiap kali minum seperempat gelas).
Menghilangkan rasa mules. Kunyah 6 lembar daunnya dengan menambahkan garam secukupnya. sesudah itu minumlah air hangat yang sudah dimasak.
Menyembuhkan radang anak telinga. Ambil setengah genggam daun, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air masak 3 sendok laludipers (disaring). Teteskan air perasan tersebut sebanyak 3-5 tetes ke anak telinga yang meradang (lakukan hal ini 3-4 kali sehari).
Membasmi cacing tambang. Cuci seperempat genggam daun lalu giling sampai halus. tambahkan air masak setengah cangkir, madu 1sdm kemudian peras dan saring. Minumlah ramuan ini 3x sehari (Resep untuk 1x minum)

0 Response to "Miana/Jawer Kotok (Coleus blumei hybrida)"