Jambu Klutuk/Jambu Biji (Psidium guajava L.)

Mengobati: menghambat pertumbuhan bakteri, penyakit diare dan sakit perut



Pohonnya berukuran kecil dengan percabangan yang cukup lebat. tingginya antara 5-7 meter. Permukaan kulit batangnya licin berwarna cokelat muda dan sedikit terkelupas.
dari keriak daun di ujung percabangan muncul bunga yang kecil berwarna putih. Buahnya sangat bervariasi baik bentuk maupun ukurannya, namun biasanya bentuknya bulat dengan kulit mengkilap.
Di indonesia tumbuh hingga 1.200 meter diatas permukaan laut, dan sekarang tanaman ini telah menyebar diseluruh Asia tenggara, India dan srilangka.

Khasiatnya:
Bunganya yang mengandung tanin, senyawa avikularin, bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, bagian-bagian tanaman yang mengandung senyawa tersebut, seperti daun buah mentah dan kulit batang dipakai untuk menyembuhkan penyakit diare dan sakit perut.
Buahnya yang masak dipakai untuk buah meja. Bisa juga dibuat sebagai sari buah jambu biji, salah satu minuman yang cukup digemari masyarakat.

Komposisi:
Daun mengandung 9-12% tanin, minyak atsri (yang terdiri dari eugenol, d-limonen, dl-limonen dan seskuitpern), lilin, fitosterol, asam psidiolat, B-sitosterol, asam ursulat, asam oleanolat, asam kratogolat, asam guaikolat, karoten, vitamin B-1, B-2, B-6, C, niasin, senyawa avikularin dan guaiverin.

0 Response to "Jambu Klutuk/Jambu Biji (Psidium guajava L.)"